Sabtu, 08 September 2012

Persiapan Traveling




Untuk melakukan traveling secara mandiri dibutuhkan persiapan yang matang. Demikian juga halnya bagi yang melakukan traveling dengan menggunakan jasa tour. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan kita saat traveling seperti perbedaan iklim dan cuaca di tempat wisata yang akan kita kunjungi

Berikut beberapa persiapan yang harus diperhatikan:

1. Dokumen Penting.
Untuk dalam negri, persiapkan kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk. Adakalanya maskapai penerbangan melakukan pencocokan antara nama pada bookingan tiket dengan kartu identitas
Untuk yang akan keluar negri wilayah Indonesia, Passport adalah dokumen yang paling wajib. Dan untuk beberapa negara, visa merupakan suatu keharusan.
NB: Tanggal jatuh tempo Passport juga harus menjadi pehatian.

2. Print-Out Tiket Pesawat dan Voucher Hotel.
Untuk yang melakukan perjalanan secara mandiri, print-out tiket pesawat dan voucher hotel harus dipersiapakan. Dan sebisa mungkin data tersebut tersimpan pada email kita untuk mengantisipasi jika print-out tersebut hilang atau tercecer.

3. Alat Pembayaran
Yang satu ini adalah mutlak. Persiapan uang tunai sesuai budget. Untuk yang akan keluar negri, tukar uang anda di money changer dalam negri, supaya anda tidak kehabisan waktu mencari money changer pada saat traveling. Pisahkan uang tunai pada beberapa tempat untuk menghindari kehilangan secara keseluruhan. Ada baiknya sediakan beberapa kartu kredit yang dapat diterima di luar negri untuk jaga-jaga. Hapal PIN kartu kredit untuk mengambil uang di luar negri bila sewaktu waktu kehabisan atau kehilangan uang tunai.

4. Pakaian
Untuk yang memakai paket tour, biasanya akan diberitahukan kepada para peserta mengenai busana yang cocok dengan cuaca dan temperatur tempat wisata yang akan kita kunjungi, agar tidak terjadi salah kostum. Bagi yang traveling secara mandiri, hal ini juga harus menjadi perhatian khusus.

5. Obat-obatan.
Bagi sebagian orang, perbedaan suhu dan cuaca, ataupun perbedaan makanan, dapat membuat seseorang menjadi kurang fit. Oleh sebab itu, obat-obatan wajib disediakan saat akan melakukan traveling, seperti obat flu, obat mabuk, obat sakit perut, minyak angin.

6. Peralatan Elektronik
Saat ini, alat yang wajib bawa adalah telepon selular. Selain untuk berkomunikasi antar sesama traveller yang berbarengan dengan kita saat terpisah, juga dapat menghubungi keluarga di rumah. Selain itu juga untuk memesan taxi dan lainnya. Jangan lupa peralatan charger baterainya.
Nb: Setiap negara memiliki colokan yang berbeda-beda. Jangan lupa cari informasinya.

Kamera dan atau handycam merupakan peralatan yang penting. Selain untuk mengabadikan perjalanan kita, juga dapat digunakan untuk hal lain seperti mengingat bangunan hotel ataupun mengingat nomor polisi taxi atau bus.


7. Bahan Riset
Untuk yang traveling secara mandiri, cari informasi umum tentang tempat tujuan wisata yang akan kita kunjungi seperti: letak geografis, objek-objek wisata, temperatur udara, situasi dan kondisi serta aturan yang berlaku. Informasi ini berkaitan dengan busana yang akan kita pakai, anggaran yang sebaiknya kita sediakan dan juga persiapan mental dan kesehatan. Informasi ini mudah kita dapati dari buku panduan wisata yang banyak dijual di toko-toko buku, koran, majalah, tabloid, telivisi serta internet.